FAKRUL NISA , 1052014068 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IIIB MIN 5 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
FAKRUL NISA.1052014068.PGMI.2018.pdf Download (1863Kb) | Preview |
Abstract
Pengajaran menulis karangan narasi mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan menulis. Salah satunya adalah siswa dapat menulis karangan narasi. Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III MIN 5 Langsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan guru masih kurang bervariasi dalam menggunakan media pembelajaan. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi ialah dengan menggunakan media gambar. Tujuan penerapan media ini adalah untuk meningkatkan performasi guru, aktivitas dan kemampuan menulis karangan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 5 Langsa. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik Pengumpulan data melalui: tes, siklus I dan II, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi guru. Kriteria proses adalah jika hasil observasi telah mencapai skor ≥80%, sedangkan kriteria hasil jika telah memenuhi nilai KKM sebanyak 75 dan ketuntasan klasikal sebesar ≥80%. Hasil penelitian siklus I mendapatkan nilai performasi guru mencapai P-1(67,8) P-2 (71,4) dan siklus II meningkat menjadi P-1(85,7) P-2 (92,8). Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I mencapai P-1 (58,3) P-2 (62,5) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi P-1 (87,5) P-2 (91,7). Hasil tes belajar Bahasa Indonesia pada siklus I dapat di ketahui bahwa pada pelaksanaan tes di siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 69,5, sedangkan pada pelaksanaan tes di siklus II mengalami peningkatakan. Pencapaian nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas III MIN 5 Langsa melalui penggunaan media gambar pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Khairul Amri, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN NARASI, MEDIA GAMBAR |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 03:14 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 03:14 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1510 |
Actions (login required)
View Item |