FAUZIAH, 4012013046 (2017) PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (Studi Kasus: Mahasiswi FEBI IAIN Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
Skripsi Fauziah 4012013046.pdf Download (2120Kb) | Preview |
Abstract
Konsep halal bagi umat Islam, diperuntukkan pada segala sesuatu yang baik dan bersih, yang dimakan atau dikonsumsi oleh manusia menurut syariat Islam. Label halal yang terdapat pada kemasan produk, akan mempermudah konsumen untuk mengidentifikasi produk tersebut. Kegiatan mendapatkan dan mempergunakan produk kosmetik yang ditawarkan merupakan kegiatan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIN Langsa dan berapa besar perhatian mahasiswi FEBI IAIN Langsa terhadap label halal pada produk kosmetik. Data primer dikumpulkan dari 102 responden di FEBI IAIN Langsa. Pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Selanjutnya data dianalisa menggunakan uji statistik. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi FEBI IAIN Langsa. Besar perhatian mahasiswi FEBI IAIN Langsa terhadap label halal pada produk kosmetik sebesar 0,484. Persentase sumbangan pengaruh variabel label halal terhadap keputusan pembelian sebesar 23,4%, sedangkan sisanya sebesar 76,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Oleh sebab itu sebaiknya mahasiswi yang telah menetapkan pilihan pada suatu produk kosmetik diharapkan tidak terpengaruh (merasa tidak tetap hati) dengan iming-iming yang dipromosikan oleh pihak penjual. Selain itu, sebelum mahasiswi FEBI IAIN Langsa menetapkan suatu produk sebaiknya mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai suatu produk kosmetik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nst, MA Pembimbing II: Fahrizal, Lc, MA |
Uncontrolled Keywords: | LABEL HALAL, KOSMETIK |
Subjects: | Hukum Islam > Wanita Dalam Islam > Fikih Khusus Wanita Hukum Islam > Aspek Fiqih Lainnya > Makanan dan Minuman Hukum Islam > Wanita Dalam Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Dec 2018 03:15 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 03:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1504 |
Actions (login required)
View Item |