SURI DARMAYATI , 2012010111 (2017) STRATEGI PERSAINGAN PEDAGANG MENURUT ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Pedagang Baju di Pasar Mingguan Telaga Meuku, Kec. Banda Mulia, Kab. Aceh Tamiang). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SURI DAMAYANTI.2012010111.HES.2018.pdf Download (1561Kb) | Preview |
Abstract
Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia perdagangan. Persaingan dalam strateginya menuntut para pedagang untuk lebih kreatif dan inovatif. Di Pasar Mingguan Desa Telaga Meuku, Kec. Banda Mulia, Kab. Aceh Tamiang, strategi bersaing yang dilakukan para pedagang sangat bervariasi seperti bentuk pelayanan yang ramah, banyak variasi pakaian yang dijual dan harga yang sedikit miring. Berkaitan dengan strategi tersebut, para pedagang hanya mencari keuntungan semata dan kurang memperhatikan etika, padahal etika sangat diperlukan dalam berdagang. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Bersaing Pedagang baju di Pasar Mingguan di Desa Telaga Meuku, Kec. Banda Mulia, Kab. Aceh Tamiang dan Apakah Strategi Bersaing Pedagang baju di Pasar Mingguan di Desa Telaga Meuku, Kec. Banda Mulia, Kab. Aceh Tamiang sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pedagang dalam menghadapi persaingan dengan pedagang lain sangat bervariasi, meliputi dari segi harga, produk, pelayanan serta tempat berdagang. Berdasarkan analisis penulis strategi pedagang dalam menghadapi persaingan antar pedagang tersebut belum sepenuhnya menerapkan nilai dan prinsip etika bisnis Islam, seperti persaingan produk yaitu melakukan penipuan dengan menjual barang tidak sesuai kualitas, dan dalam persaingan harga juga terdapat pedagang yang berlaku curang dan merugikan dengan membanting harga sehingga merugikan pedagang lain serta tidak adil dalam menetukan harga serta dalam pelayanan juga ada sebagian yang kurang bersikap ramah. Etika bisnis Islam yang berkaitan dengan strategi bersaing pedagang ditekankan untuk tidak boleh mempraktikkan kebohongan dan penipuan mengenai barang-barang yang di jual, adil terhadap semua pelanggan, memberikan pelayanan yang memuaskan, berkompetisi secara sportif dan menentukan harga dengan adil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Muhammad Nasir, MA Pembimbing II: Chahayu Astina, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | JUAL BELI, ETIKA BISNIS ISLAM |
Subjects: | Muamalat > Jual Beli |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 03:38 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
View Item |