SUSI HASMITA, 1012013089 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM DASADARMA PRAMUKA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SUSI HASMITA.1012013089.PAI.2018.pdf Download (531Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Nilai-nilai pendidikan islam dalam DasaDarma Pramuka tergolong kedalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan analisis content. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan Islam, Perwujudan nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep Dasadarma Pramuka pramuka. Namun dalam hal ini peneliti hanya menggunakan alat bantu buku-buku yang berkaitan dengan judul yang diteliti yang nantinya digunakan untuk mencari dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam dasadarma pramuka. Setelah melakukan penelitian, maka peneliti memberikan batasan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai berikut: Nilai-nilai yang terdapat dalam DasaDarma Pramuka memiliki berbagai macam kegiatan yang pada prinsipnya berorientasi pada nilai Pendidikan Islam diantaranya: Nilai ketakwaan tertuang dalam Dasadarma yang pertama (takwa kedapa Tuhan Yang Maha Esa). Nilai moral tertuang dalam Dasadarma yang kesepuluh (suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan). Nilai kemandirian tertulis dalam Dasadarma keenam (rajin, terampil dan gembira). Nilai toleransi tertulis dalam Dasadarma keempat (patuh dan suka bermusyawarah). Nilai tolong menolong tertulis dalam Dasadarma kelima (rela menolong dan tabah). Nilai tanggung jawab tertulis dalam Dasadarma kesembilan (bertanggung jawab dan dapat dipercaya). Nilai kedisiplinan tertuang dalam Dasadarma kedelapan (disiplin, berani, dan setia). Kegiatan yang dilakukan oleh gerakan pramuka didasari penuh atas keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta pelaksanaan kegiatannya terkontrol penuh dengan adanya darma yang jika dilaksanakan dapat memperkuat karakter seseorang dan juga sesuai dengan konsep-konsep dalam pendidikan agama Islam. Seorang pramuka harus benar-benar bertakwa kepada Allah SWT, menjunjung tinggi segala perintah Allah SWT baik itu ditempat umum atau pada saat sendiri. Dan menjadi perwujudan tingkat amal ibadah seseorang, karena akan selalu berpegang kepada Allah SWT untuk beribadah semata, bukan lagi sebagai nilai riya yang ia tampilkan. Pendidikan keimanan (ketauhidan) harus dijadikan sebagai salah satu pokok dari pendidikan kesalehan anak. Jadi, nilai pendidikan pada aspek aqidah adalah standar atau ukuran tingkat keimanan yang diajarkan oleh orang tua kepada anak sejak dalam kandungan, agar anak dapat mengenal Tuhannya dan tahu bagaimana bersikap pada Tuhannya. Karena itu dapat diharapkan bahwa kelak ia akan tumbuh dewasa menjadi insan yang beriman kepada Allah SWT. melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Nilai-nilai pendidikan Islam pada aspek akhlak yang harus ditanamankan kepada anak-anak bukan sekedar akhlaqul karimah, melainkan akhlak madzmumah (akhlak buruk) juga harus disampaikan kepada anak. Bila akhlak yang buruk itu tidak disampaikan kepada anak maka anak akanmelakukan perbuatan yang tidak sesuai dan melanggar etika yang ada di masyarakat itu. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para penimba ilmu pada umumnya, serta mahasiswa dan praktisi pendidikan yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Langsa khususnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. M. Yunus Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Mohammad Khoiri, M.Pem.I |
Uncontrolled Keywords: | NILAI PENDIDIKAN ISLAM, PRAMUKA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 03:34 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:34 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
View Item |