UPAYA MEMINIMALISIR KESULITAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS III DI MIN 1 LANGSA

USWATUN HASANAH , 1052013022 (2017) UPAYA MEMINIMALISIR KESULITAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD PADA SISWA KELAS III DI MIN 1 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH.pdf

Download (2022Kb) | Preview

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa reseptif yang wajib dimiliki anak. Tanpa memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini, anak akan mengalami kesulitan belajar. Aspek kemampuan membaca di sekolah dasar masih menjadi persoalan, khususnya siswa kurang memperhatikan lafal, tanda baca, dan intonasi dalam membaca teks bacaan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana metode reading aloud dapat meminimalisir kesulitan membaca siswa kelas III di MIN 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari siswa, sedangkan sumber data sekunder adalah data tambahan atau data pendukung bagi data primer yang bersumber buku, jurnal, dokumen, dan hasil penelitian yang relevan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisa data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan dan kepercayaan data, peneliti juga menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian, diperoleh 8 siswa mencapai ketuntasan membaca sedangkan 18 siswa tidak tuntas pada tahap pretest. Pada siklus I, terdapat 12 siswa tuntas membaca teks dan 14 siswa tidak tuntas. Pada siklus II, terdapat 20 siswa tuntas membaca dengan metode reading aloud dan hanya 6 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian, penerapan metode reading aloud dapat meminimalisir kesulitan siswa dalam membaca teks surat tanggapan pribadi sesuai dengan lafal, tanda baca, dan intonasi yang tepat. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya nilai siswa dari setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Rita Mahriza, M.S Pembimbing II: Chery Julida Panjaitan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MEMBACA, METODE READING ALOUD
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:56
Last Modified: 10 Dec 2018 02:56
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item