SITI DARMAWAN , 1032013052 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI MAN LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SITI DARMAWAN.1032013052.PMA.2018.pdf Download (1474Kb) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa adalah Kemampuan pemahaman matematis yang merupakan salah satu kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang menyokong kemampuan pemecahan masalah. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah Pembelajaran Mandiri.Pembelajaran Mandiri yaitu pembelajaran yang membangun kognitif yang dimiliki siswa, kegiatan interaktif antara matematika dan siswa sehingga mengundang siswa untuk menjawab permasalahan sesuai dengan pemahamannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group PretestPottest.Penelitian ini di lakukan pada siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Kontrol di MAN Langsa.Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk 5 soal uraian. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh pembelajaran Mandiri terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika di MAN langsa.Hasil pengujian hipotesis menyatakan terdapat pengaruhyang signifikan terhadap kemampuan Pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika antara siswa kelompok eksperimen yang menerapkan pembelajaran Mandiri dengan siswa kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran biasa. Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika antara kedua kelas tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelompok eksperiman lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol, yaitu melalui post test diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 81, 22 sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol 67, 65. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitungdan ttabel. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga hasil penelitian adalah tolak Ho dan terima Ha yaitu terdapat pengaruh Pembelajaran Mandiri terhadap kemampuan Pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika di MAN Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MANDIRI, KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA, MATEMATIKA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:34 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:34 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1472 |
Actions (login required)
View Item |