SALMAWATI, 1012013057 (2018) PENERAPAN TEKNIK TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 4 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
SALMAWATI.1012013057.PAI.2018.pdf Download (529Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka Untuk mengembangkan potensi ini dibutuhkan pembelajaran, pembelajaran terjadi apabila ada guru, siswa, sarana dan prasarana serta tempat yang digunakan untuk belajar, dalam pembelajaran juga dibutuhkan metode atau teknik pembelajaran. Salah satu teknik yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar tercapai sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu Teknik Talking Chips. Adapun teknik yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 4 Langsa menggunakan metode ceramah sehingga diperlukan metode atau teknik pembelajaran lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar, salah satu teknik pembelajaran ialah teknik pembelajaran Talking Chips. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan Teknik Talking Chips dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 4 Langsa dan apakah penerapan Teknik Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 4 Langsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Teknik Talking Chips dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 4 Langsa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI di SMP Negeri 4 Langsa menggunakan penerapan teknik Talking Chips. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dan menggunakan sumber data primer dan sekunder sedangkan dalam prosedur penelitian menggunakan siklus dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan objek dalam penelitian ini ialah hasil belajar siswa kelas VIII dan analisis data menggunakan metode deduktif. Dari hasil penelitian di temukan (1) Berdasarkan hasil penelitian penerapan teknik Talking Chips pada siklus I dan siklus II adalah peneliti menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa, mendemonstrasikan materi sesuai dengan topik, memberikan siswa tanya jawab, membagi siswa dalam kelompok, untuk menguji pemahaman siswa peneliti memberikan soal. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar yang di peroleh, peneliti memberi reward kepada kelompok dan siswa yang memperoleh nilai tertinggi. Demikian peneliti menerapkan teknik Talking Chips dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII I di SMP Negeri 4 Langsa. (2) Berdasarkan hasil penelitian, teknik Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII I di SMP Negeri 4 Langsa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 7352,17 dan nilai rata-rata ketuntasan 8,69, ini dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan teknik Talking Chips.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Latifah Hanum, MA |
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK TALKING CHIPS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 03:28 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 03:28 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1471 |
Actions (login required)
View Item |