ANALISIS KOGNISI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI SMA N 1 MANYAK PAYED

RENDAL ARISTA, 1032012140 (2017) ANALISIS KOGNISI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI SMA N 1 MANYAK PAYED. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
skripsi rendal.pdf

Download (3329Kb) | Preview

Abstract

Teori Piaget mengenai proses pemerolehan kognitif siswa yaitu tahap asimilasi, tahap akomodasi, dan tahap ekuilibrasi ini dapat diaplikasikan pada semua mata pelajaran dan semua materi pelajaran, sebab siswa harus melalui ketiga tahapan ini jika ingin menguasai kompetensi tertentu. Sesuai dengan karakteristik matematika maka belajar matematika lebih cenderung termasuk ke dalam aliran belajar kognitif yang proses dan hasilnya tidak dapat dilihat langsung dalam konteks perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa pada materi suku banyak di kelas XI SMAN 1 Manyak Payed; dan (2) proses tahapan kognisi siswa dalam pembelajaran matematika pada materi suku banyak di kelas XI SMAN 1 Manyak Payed. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kuantitatif dengan format deskriptif. Populasi adalah seluruh kelas XI-IPA yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 106 siswa. Penentuan sampel adalah dengan teknik undian yaitu dengan mengundi 4 kelas yang tersedia, sehingga terpilihlah kelas XI IPA-2 sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar pada materi suku banyak yang diperoleh adalah 70 dengan standar deviasi 10,18. Dan diketahui bahwa terdapat 50% siswa yang memiliki nilai tes di bawah nilai KKM. Hasil belajar ini belum seperti yang diharapkan oleh peneliti; (2) Proses tahapan kognisi dapat dideskripsikan sebagai berikut ini; (a) pada tahapan asimilasi perolehan nilai ratarata siswa cukup yakni sebesar 67,19, (b) pada tahapan akomodasi nilai rata-rata siswa juga cukup yaitu 63,19; dan (c) tahapan ekuilibrasi dengan nilai rata-rata cukup atau sebesar 66,32.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenny Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ANALISIS, KOGNISI SISWA, PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:36
Last Modified: 06 Dec 2018 08:36
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item