DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 LANGSA

RIA ANGGRAINI, 1012013053 (2018) DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
RIA ANGGRAINI.1012013053.PAI.2017.pdf

Download (507Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ada beberapa siswa yang orang tuanya mengalami masalah broken home. Kepribadian mereka cenderung diam serta suka menyendiri ketika di sekolah. Mereka juga sering tidak pergi ke sekolah tanpa pemberitahuan yang jelas. Terlebih mereka juga susah diatur selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, motivasi mereka dalam belajar juga tidak terlihat ketika guru menjelaskan materi pelajaran di kelas. Misalnya: siswa malas belajar dan malas menyimak apa yang dijelaskan oleh guru di depan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak broken home terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 8 Langsa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif karena peneliti ingin menjelaskan, menyajikan dan menjabarkan sesuai dengan kondisi yang didapat selama berada dilapangan. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan purposive sampling yang menjadi subjek penelitian. Oleh karena itu, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah guru PAI berjumlah 2 orang dan 3 orang siswa yang menjadi korban broken home di SMP Negeri 8 Langsa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada beberapa dampak broken home terhadap motivasi belajar anak di SMP Negeri 8 Langsa, seperti; siswa sering datang terlambat kemudian ketika di dalam kelas mereka juga sering termenung dan tidak memperdulikan penjelasan guru di depan kelas. Fenomena ini harus segera diatasi dengan mencari solusi berupa penerapan metode yang tepat, media yang sesuai dengan ketertarikan mereka, memberikan perhatian khusus terhadap siswa tersebut dan sebagainya. Terlebih kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua harus berjalan baik yang bertujuan agar motivasi anak dalam belajar dapat segera diatasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Purnamawati, M.Pd Pembimbing II: Syarifah Mudrika, M.TH
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:31
Last Modified: 06 Dec 2018 08:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item