PENGARUH PENGAJARAN IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA DI SMPN 4 LANGSA

RIKA ANDIANI , 1032012145 (2018) PENGARUH PENGAJARAN IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA DI SMPN 4 LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
RIKA ANDIANI.1032012145.PMA.2018.pdf

Download (2721Kb) | Preview

Abstract

Pemahaman merupakan hal mutlak yang harus dicapai oleh seorang siswa dalam setiap pembelajarannya, tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Imajinasi merupakan daya khayal siswa yang sangat bermanfaat dalam menciptakan pemahaman matematik siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memanfaatkan imajinasi dalam pembelajaran yaitu pengajaran imajinatif. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh pengajaran imajinatif terhadap pemahaman matematik siswa di SMPN 4 Langsa, (2) Untuk mengetahui apakah pengajaran imajinatif dapat memberikan ketuntasan belajar klasikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Langsa yang terdiri dari 8 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII.4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa dan VII.5 sebagai kelas eksperimenl yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 6 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba di peroleh validitas tes 0,78 dan reabilitas tes 0,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 3,83 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat diperoleh –ttabel ≤ thitung ≥ ttabel yaitu -2,021≤ 3,83 ≥ 2,021 dan dinyatakan tolak Ho dan terima Ha sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pengajaran imajinatif terhadap pemahaman matematika siswa di SMPN 4 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I:Yenni Suzana, M.Pd Pembimbing II:Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK,SISWA
Subjects: Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:25
Last Modified: 06 Dec 2018 08:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item