PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 KUALA SIMPANG

ROBI ARDIANSYAH Mahasisiwa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua, 1032012154 (2017) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 KUALA SIMPANG. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
ROBI ARDIANSYAH.1032012154.PMA.2018.pdf

Download (1831Kb) | Preview

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang tidak lepas dari kehidupan manusia karena teknologi informasi sudah ada sejak berabad-abad lalu dan hingga kini masih berkembang. Perkembangan teknologi yang semakin maju, berdampak pada pendidikan. Saat ini, banyak orang menyalahgunakan teknologi, salah satunya game online. Game online banyak dimainkan oleh anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah. Akibatnya banyak dampak negatif bagi diri anak tersebut terhadap pendidikannya. Kecerdasan logis matematis memuat kemampuan seseorang dalam berfikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berfikir. Adapun tujuan penelitian yang terdapat pada peneitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online terhadap kecerdasan logis matematis siswa di SMPN 1 Kuala Simpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Kuala Simpang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 7 kelas yaitu kelas VIII1 sampai dengan VIII7 dengan jumlah 220 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menguunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VIII, kemudian diambil satu gulungan kertas, yang didapat kelas VIII1. Untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah ini, penelitian menggunakan tes yang dilaksanakan pada siswa yang bermain game online. Uji normalitas pada pretes menunjukan bahwa Lhitung>Ltabel, maka data pretes tidak normal dan tidak dapat dilanjutkan. Pada postes, Lhitung < Ltabel, maka data postes normal dan dapat dilanjutkan. Pada uji linieritas, Fhitung < Ftabel sehingga kelas yang diteliti dapat mewakili seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kuala Simpang. Persamaan yang ditunjukan pada uji regresi adalah dan 57,3% pengaruh game online terhadap kecerdasan logis matematis. Pada uji t, thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh game online terhadap kecerdasan logis matematis siswa di SMPN 1 Kuala Simpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Jelita, M. Pd Pembimbing II: Wahyuni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: GAME ONLINE, KECERDASAN LOGIS MATEMATIS
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 07:54
Last Modified: 06 Dec 2018 07:54
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item