PENGARUH PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN GRAPHMATICA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA CUT NYAK DHIEN LANGSA

NURMASYITAH , 1032010046 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN GRAPHMATICA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA CUT NYAK DHIEN LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
NURMASYITAH.1032010046.PMA.2018.pdf

Download (903Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI berbantuan graphmatica terhadap pemahaman matematis siswa di kelas X SMA Cut Nyak Dhien Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, rancangan penelitiannya adalah dengan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Cut Nyak Dhien Langsa yang terdiri dari 9 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 (dua) kelas yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Berdasarkan hasil ujicoba diperoleh rata-rata validitas tes 0,799 dan reliabilitas tes 0,828 sehingga dapat disimpulkan bahwa instrument memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel = 2,02 dengan taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2,69 ≥ 2,02 dan dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari Pendekatan SAVI berbantuan Graphmatica Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik siswa pada materi Persamaan dan Grafik Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Cut Nyak Dhien Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: Iqbal, M. Pd
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN GRAPHMATICA , KEMAMPUAN SISWA
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:19
Last Modified: 06 Dec 2018 04:19
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item