PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MAS YASPENDI SUNGAI IYU

NURBAINI , 1012013022 (2018) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MAS YASPENDI SUNGAI IYU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
NURBAINI.1012013022.PAI.2018.pdf

Download (1839Kb) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dikelas. Dalam proses pembelajaran Fiqih dikelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu terlihat masih banyak siswa yang kelihatan tidak semangat, kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, membicarakan hal lain diluar pelajaran, bahkan ada yang mengantuk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media power point dalam pelajaran Fiqih dikelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media power point dalam pelajaran Fiqih dikelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu dan 5 orang siswa kelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media power point pada madrasah ini sudah baik ditinjau dari beberapa aspek yang diperhatikan yaitu Guru (sistematika penyampaian dan proses penyampaian), power point (kejelasan gambar, tulisan, font dan kesesuaian power point dengan materi yang diajarkan), siswa (sikap antusiasme dan perhatian siswa), situasi kelas tertib. Maka apabila diukur dengan aspek tersebut penggunaan media power point dalam pelajaran Fiqih di kelas XI MAS Yaspendi Sungai Iyu dapat dikatakan cukup baik dalam proses penyampaian terlihat dari antusiasme siswa dan suasana kelas yang sangat mendukung. Namun demikian, intensitas penggunaan power point serta kurangnya sarana salah satu faktor yang membuat siswa pasif dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Nazliati, M.Ed
Uncontrolled Keywords: MEDIA POWER POINT, PELAJARAN FIQIH
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Dec 2018 03:43
Last Modified: 06 Dec 2018 03:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item