NUR HAFIZHAH , 1052013039 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS V DI SD NEGERI LHOK MEDANG ARA (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Lhok Medang Ara). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
NURHAFIZHAH.1052013039.PGMI.2018.pdf Download (2261Kb) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pola pembelajaran dengan mengajukan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas V di SD Negeri Lhok Medang Ara, (2) Aktivitas siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah di kelas V di SD Negeri Lhok Medang Ara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam satu tindakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Lhok Medang Ara yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) lembar soal berbentuk essay, (2) lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa persentase aktivitas guru (peneliti) dalam mengajar mencapai 72,91% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar hanya mencapai 64,99%. Hasil tes akhir siklus I mencapai 48,30% dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 14 orang. Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti perlu melaksanakan siklus II. Hasil siklus II menunjukan bahwa persentase aktivitas guru dalam mengajar meningkat menjadi 94,16% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar meningkat menjadi 97,08% dan hasil tes akhir pembelajaran di siklus II juga meningkat menjadi 86,20% dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 25 orang, sehingga hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan hingga 67,25%. Jadi, karena pada pembelajaran di siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria yang telah ditetapkan, maka peneliti tidak perlu melaksanakan siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi FPB dan KPK. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SD Negeri Lhok Medang Ara di kelas V tahun ajaran 2017-2018.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 04:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:01 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |