IMPLEMENTASI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPHY (CBT) DALAM MENGATASI SISWA TIDAK DISIPLIN DI SMA NEGERI 5 LANGSA

MUKHNI RAHMAYANI SYAHMAN , 3022013014 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPHY (CBT) DALAM MENGATASI SISWA TIDAK DISIPLIN DI SMA NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
MUKHNI RAHMAYAN SYAHMAN.3022013014.BKI.2018.pdf

Download (787Kb) | Preview

Abstract

Cognitive BehaviourTheraphy (CBT) adalah pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan dan merawat kesehatan mental. Pendekatan ini akan diarahkan kepada modifikasi fungsi berpikir, merasa dan bertindak, dengan menekankan otak sebagai penganalisa, pengambil keputusan, bertanya, bertindak, dan memutuskan kembali. Penelitian ini merumuskan beberapa masalah diantaranya bentuk-bentuk ketidakdisiplinan siswa yang ada di SMA Negeri 5 Langsa, kemudian implementasi pendekatan Cognitive BehaviourTheraphy (CBT) dalam mengatasi perilaku tidak disiplin siswa, setelah itu hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru konseling dalam menggunakan pendekatan Cognitive Behaviour Theraphy (CBT) tersebut, serta upaya-upaya yang dilakukan dalam penyelesaian hambatan dalam menggunakan pendekatan Cognitive Behaviour Theraphy(CBT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk ketidakdisiplinan siswa SMA Negeri 5 Langsa yang meliputi terlambat datang kesekolah, meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung, melompat pagar sekolah, merokok serta berkelahi antar siswa. Kemudian untuk mengetahui implementasi yang dilakukan guru konseling dalam mengatasi perilaku tidak disiplin, terdapat 6 langkah yang dilakukan guru konseling dalam mengatasi perilaku tidak disiplin. Serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru konseling dalam mengatasi perilaku siswa tidak disiplin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknis deskriptif, yaitu proses penelaahan dan penyusunan secara sistematis terhadap hasil wawancara dan hasil observasi yang diamati dari lokasi penelitian. Dari hasil yang didapatkan bahwa bentuk-bentuk ketidakdisiplinan yang terdapat di SMA Negeri 5 Langsa tersebut meliputi terlambat datang kesekolah, meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung, melompat pagar sekolah, merokok serta berkelahi antar siswa. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa implementasi yang diberikan guru konseling dalammengatasi perilaku tidak disiplin secara umum telah berhasil dilakukan, berdasarkan hasil wawancara dan observasi, penulis menyimpulkan bahwa dengan adanya implementasi pendekatan Cognitive Behaviour Theraphy yang diberikan oleh guru konseling menyebabkan perubahan perilaku pada siswa.Siswa telah menyadari kesalahannya dan dapat berfikir secara rasional terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Syafieh, M. Fil. I Pembimbing II: Masdalifah Sembiring, MA
Uncontrolled Keywords: KEDISIPLINAN SISWA,COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPHY
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:50
Last Modified: 04 Dec 2018 03:50
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item