ISDA TIYARA , 1032013101 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL TREFFINGER DI KELAS VIII SMP NEGERI LANGSA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
|
Text
ISDA TIYARA.1032013101.PMA.2018.pdf Download (3588Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran treffinger kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika lebih baik daripada menggunakan model konvensional dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Langsa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling) dari 9 kelas (312 orang siswa/i) kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Kelas VIII2 dengan jumlah 35 orang siswa dan VIII7 dengan jumlah 33 orang siswa masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh thitung= 2,728 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan model treffinger lebih baik daripada kemampuan berfikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 3 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL TREFFINGER |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 08:31 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 08:31 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1406 |
Actions (login required)
View Item |