INDAH RAHMAYASARI BIRAWAN , 1032013127 (2018) IMPLEMENTASI STEPPING STONES DENGAN SETTING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
INDAH RAHMAYA SARI BIRAWAN.1032013127.PMA.2018.pdf Download (3539Kb) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kelancaran prosedural matematis siswa di SMP Negeri 3 Langsa melalui implementasi stepping stones dengan setting kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Sedangkan teknik pengolahan data melalui uji normalitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji gain ternormalisasi (N-Gain) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 19 dan Microsoft Excel 2010. Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan kelancaran prosedural matematis siswa SMP Negeri 3 Langsa melalui implementasi stepping stones dengan setting kooperatif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yaitu nilai = 7,042 dan = 2,060 dengan taraf signifikansi 5% atau maka . Selanjutnya, nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 maka nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan kelancaran prosedural matematis siswa setelah diberi perlakuan tergolong dalam kategori sedang dengan perolehan nilai rata-rata gain ternormalisasi (N-Gain) sebesar 0,56. Sehingga berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi stepping stones dengan setting kooperatif dapat meningkatkan kelancaran prosedural matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Iqbal, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | STEPPING STONES |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 04:09 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 04:09 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1398 |
Actions (login required)
View Item |