FITRI AULIYANI, 1052013007 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV DI MI NEGERI PEUREULAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
FITRI AULIYANI.1052013007.PGMI.2018.pdf Download (623Kb) | Preview |
Abstract
Strategi yang digunakan dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh guru agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Maka dari itu dalam pembelajaran perlu diterapkan strategi CTL agar dapat meningkatkan kemampuan siswa secara menyeluruh.Strategi CTL merupakan suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menghitung pecahan yang berpenyebut sama dan pecahan berpenyebut beda. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa serta untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi pecahan di kelas IV MIN Peureulak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tindakan yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan dikelas IV/A. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I berjumlah 42%, dan pda siklus II meningkat mencapai 77%, serta terjadi pula peningkatan terhadap aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I berjumlah 73% dan pada siklus II meningkat mencapai 87%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pecahan di kelas IV/A MIN Peureulak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL),KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 02:15 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 02:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1393 |
Actions (login required)
View Item |