PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 LANGSA, ACEH

FATIMAH , 3022013054 (2018) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 LANGSA, ACEH. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img]
Preview
Text
FATIMAH.3022013054.BKI.2018.pdf

Download (1033Kb) | Preview

Abstract

Motivasi adalah dorongan atau daya gerak yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajran adalah menurunnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan siswa tidak mampu mencapai prestasi belajar. Maka dari itu guru bimbingan dan konseling di smp negeri 5 langsa menggunakan layanan konseling kelompok untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan teori hirarki kebutuhan dar Abraham Maslow yang mengatakan bahwa tingkah laku manusia itu di bangkitkan oleh kebutuhan tertentu. Seperti kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa cinta, penghargaan dan aktualisasi diri. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa penyebab menurunnya motivasi belajar siswa di Smp negeri 5 Langsa, bagaimana penggunaan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Smp negeri 5 langsa. Dan apa saja hambatan guru bimbingan dan konseling dalam melakukan konseling kelompok di Smp Negeri 5 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab menurunnya motivasi belajar siswa di Smp negri 5 langsa, untuk mendeskripsikan penggunaan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Smp negeri 5 langsa, dan untuk mengetahui hambatan guru bimbingan dan konseling dalam melakukan konseling kelompok di SMP negeri 5 langsa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu yaitu menggambarkan dan memotret fenomena apa yang terlihat dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok memberikan dampak positif, siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Dalam pelaksanaannya konseling kelompok menggunakan metode diskusi. Hambatan guru bimbingan konseling dalam melakukan konseling kelompok ialah waktu yang terbatas serta ruang bimbingan yang kurang memadai menyebabkan siswa sulit untuk mengungkapkan masalahnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Nawawi Marhaban, MA Pembimbing II: Dr. H. Ramly M. Yusuf, MA
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Nov 2018 09:05
Last Modified: 22 Nov 2018 09:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item