PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN MATERI SPLDV BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 2 SERUWAY

FADHILLAH , 1032013097 (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN MATERI SPLDV BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 2 SERUWAY. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
FADILLAH.1032013097.PMA.2018.pdf

Download (496Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kevalidan instrumen pembelajaran yang dikembangkan pada materi SPLDV berbasis PBL untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Seruway dan bagaimana kualitas dan keefektifan instrumen pembelajaran materi SPLDV berbasis PBL untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Seruway. Pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan. Instrumen pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS). Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah yang diintegrasikan dengan kehidupan nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Sedangkan desain penelitian ini mengadaptasi dari model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil peneiltian menunjukkan Persentase kevalidan untuk RPP adalah 77,14% dengan kriteria baik. Sedangkan persentase kevalidan untuk LKS adalah 78,09% dengan kriteria baik. Hasil analisis kepraktisan ditinjau dari penilaian siswa diperoleh bahwa persentase kepraktisan LKS adalah 82% dan dikategorikan Baik dan dapat disimpulkan bahwa perangkat bahan ajar yang dihasilkan praktis dan layak digunakan. Demikian halnya dengan hasil analisis dari tes prestasi siswa sebanyak 25 orang menunjukkan siswa yang tuntas pada pre-test sebanyak 2 orang dengan ketuntasan sebesar 8% dan siswa yang tuntas pada post-test sebanyak 20 orang dengan ketuntasan sebesar 80%. Berdasarkan kualitas bahan ajar dari hasil pre-test dan post-test yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan memiliki kualitas efektif dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Iqbal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MATERI SPDLV
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:23
Last Modified: 13 Sep 2018 04:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item