MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

EKA LESTARI , 1032014041 (2018) MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
EKA LESTARI.1032014041.PMA.2018.pdf

Download (1850Kb) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran Novick pada pemahaman konsep matematis di kelas VIII MTSN 1 Tamiang Hulu dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Novick pada pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII MTSN 1 Tamiang Hulu. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara peneliti dengan guru matematika yang mengampu kelas VIII MTSN 1 Tamiang Hulu diperoleh informasi bahwa pemahaman konsep siswa yang rendah dan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap matematika pada siswa kelas VIII MTSN 1 Tamiang Huluteridentifikasi dari siswa tidak berperan besar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Kesalahan yang signifikan guru kurang menguatkan konsep materi yang dijarkan sehingga sisiwa kurang memahami konsep materi yang dipelajari. Metode penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis varian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTSN 1 Tamiang Hulu tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan referensi dari guru matematika yang mengajar kelas VIII MTSN 1 Tamiang Hulu. Kelas yang dipilih adalah kelas VIII B dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang menjadi sampel penelitian, dikarenakan kelas VIII B tersebut diidentifikasi sering terjadi penurunan nilai lebih rendah dari kelas yang lain.Instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari 4 butir soal dengan materi tentang panjang busur dan luas juring lingkaran dan non tes yang berupa angket berisi 21 butir angket untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) terdapat peningkatan model pembelajaran Novick pada pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep awal siswa yaitu sebesar 42,5 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep akhir siswa yaitu sebesar 80,34. (2) berdasarkan hasil analisis angket terlihat bahwa 32 siswa (100%) merespon pembelajaran matematika dengan menggunakan model Novick dikategorikan cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Novick pada pemahaman konsep matematis cukup baik digunakan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran sub materi panjang busur dan luas juring lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yusaini,M.Pd Pembimbing II: Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN NOVICK
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:55
Last Modified: 12 Sep 2018 03:55
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item