PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 SIMPANG JERNIH KAB. ACEH TIMUR

DIANA, 1012012029 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 SIMPANG JERNIH KAB. ACEH TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2932Kb) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, model pembelajaran memegang peranan penting terhadap hasil belajar siswa. Ada beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran agama Islam, salah satunya yaitu model pembelajaran konstruktivisme. Model pembelajaran konstruktivisme merupakan adalah bentuk pembelajaran yang disajikan kepada siswa yang tidak hanya terfokus kepada guru semata, melainkan siswa mencari dan menemukan pengetahuan atau informasi baru. Pada model pembelajaran ini, siswa dibagi kke dalam kelompok kecil untuk mencari dan menemukan sub materi yangdiberikan kepada guru pada masing-masing-masing kelompok. Model pembelajaran ini dapat memperdalam dan mempertajam pemahaman siswa melalui mencari, menemukan, menanyakan, bahkan mengemukakan pada setiap informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di kelas IX SMP Negeri 1 Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. Selama penulis melakukan obeservasi, pembelajaran yang disajikan cenderung teacher centered bukan student centered. Artinya pembelajaran tersebut lebih berpusat kepada guru bukan kepada siswa. Keaktifan guru tanpa melibatkan siswa untuk berperan aktif, akan berdampak kaku dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pembelajaran guru PAI di sekolah tersebut lebih ditandai dengan budaya hafalan daripada berfikir, akibatnya siswa menganggap materi pelajaran PAI hanya untuk dihafalkan sehingga sebagian siswa terasa bosan, kurang menarik dan menoton. Kenyataan ini yang menyebabkan siswa tidak mampu menerapkan konsep dasar dari materi PAI dalam kondisi kehidupan mereka dan hasil belajar pun belum baik. Setelah menerapkan model kunstruktivisme, maka hasil belajar siswa pun meningkat yang dibuktikan dengan penelitian yang menggunakan metode PTK, yakni melakukan pra-tindakan dan 2 siklus pada populasi seluruh kelas IX di SMP Negeri 1 Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 30 orang yang sekaligus dijadikan sampel dengan mengunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu menggambarkan data menggunakan angka dan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Berdasarkan hasil penelitian, Penerapan model pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur yang diterapkan oleh penulis cukup baik dan efektif dalam menumbuhkan pemahaman serta terampil untuk mencari informasi dan menjelaskan materi tertentu di depan kelas. Hal ini dubuktikan dengan hasil belajar siswa PAI di kelas IX di SMP Negeri 1 Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur. Pada pra-PTK, hasil belajar siswa yang tuntas hanya 17 siswa dari 30 siswa atau 56,67%. Pada Siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau 73.33% . Pada sikus II, 27 siswa yang tuntas atau 90 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 12 Sep 2018 03:51
Last Modified: 12 Sep 2018 03:51
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item