HAYATUN NUFUS , 1012012044 (2017) PENERAPAN HASIL BELAJAR DI MAN KAMPUNG TEUNGOH FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ERAPAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MAN KAMPUNG TEUNGOH KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran remedial (Remedial Teaching) pada dasarnya merupakan bagian dari pembelajaran secara keseluruhan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaannya, tidak semua siswa mencapai ketuntasan dalam belajarnya, artinya ada siswa yang tidak mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan pembelajaran yang biasa dilaksanakan. Untuk memberikan kesempatan agar siswa yang ”terlambat” mencapai ketuntasan belajar maka diadakan pembelajaran remedial. Oleh karena itu, maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan Remedial Teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN Kampung Teungoh Kota Langsa, untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat penerapan Remedial Teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN Kampung Teungoh Kota Langsa, serta untuk mengetahui usaha-usaha yang ditempuh oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dalam mengatasi faktor yang menghambat penerapan Remedial Teaching pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN Kampung Teungoh Kota Langsa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Pendekatan kualitatif, yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk uraian kalimat-kalimat hasil konsultasi atau wawancara antara peneliti dan responden. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian deskriptif menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk difahami dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Remedial Teaching khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kampung Teungoh sudah berjalan dengan baik, karena siswa yang mengalami kesulitan belajar yang nilainya tidak tuntas atau belum lulus nilai KKM diwajibkan untuk mengikuti Remedial Teaching dengan cara mengikuti bimbingan dan juga menghafal surah Al-Qur’an atau Hadist yang sesuai dengan materi yang telah diajarkan. Adapun faktor-faktor yang menghambat penerapan Remedial Teaching adalah motivasi dari siswa, masalah waktu, serta latar belakang siswa. Sedangkan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi faktor-faktor yang menghambat dalam penerapan Remedial Teaching adalah dengan cara memanggil siswa secara individu atau satu persatu untuk ditanya dan mencari masalah yang sedang dihadapi siswa. Dengan kata lain lebih mendekatkan diri dengan siswa, sehingga siswa mau dan sadar untuk ikut Remedial Teaching. Kemudian memberikan waktu bimbingan kepada siswa, saran dan masukan kepada orang tua serta memberikan penugasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Fitriani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | REMEDIAL TEACHING, AL-QUR’AN HADIST |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 02:48 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 02:48 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1343 |
Actions (login required)
View Item |