TRI HATIA , 1012013093 (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
skripsi.pdf Download (3260Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran PAI hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu anak didik secara alamiah. Hal ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban tentang kehidupan beribadah yang ada di lingkungan mereka hidup. Pembelajaran yang dilakukan guru selama ini masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa tidak dapat mengembangakan materi yang seharusnya dilkakukan melalui diskusi-diskusi dalam kelompok. Berdasarkan hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemant Division STAD. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut : “Apakah Penerapan model Student Team Achievemant Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 5 Langsa? Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, yang nantinya akan diolah dengan teknik statistk deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh diketahui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dinilai sebagai model pembelajaran yang efektif meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII di SMP Negeri 5 Langsa tahun 2017-2018. Peningkatan hasil belajar siswa tampak pada ketuntasan siswa mencapai 89% pada akhir siklus kedua. Dimana dalam penerapannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada tindakan I dan II siklus pertama, hasil belajar siswa diketahui 5 (24%) siswa mencapai standar ketuntasan minimal menjadi 18 (76%) siswa. Dari 21 siswa, 6 siswa (21%) masuk kriteria B (Baik), dan 12 siswa ( 57%) masuk kriteria C (Cukup), dan 3 siswa (14%) masuk kriteria D (Kurang/belum tuntas). Pada siklus kedua adalah 21 siswa (89%) tuntas belajar, 8 siswa (22%) masuk kriteria A ( sangat baik), 12 siswa (57%) masuk kriteria B ( Baik ), dan 1 siswa (1%) masuk kriteria C (Cukup). Tindakan IV merupakan akhir tindakan karena target tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Iqbal Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |