YUSRIANA , 130800264 (2015) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
YUSRIANA.130800264.PMA.2015.pdf Download (1194Kb) | Preview |
Abstract
Bimbingan belajar yang diberikan oleh guru diharapkan dapat membantu kesulitan siswa dalam masalah belajar. Bimbingan belajar dapat diartikan sebagai proses pemberian bantuan dari guru atau guru pembimbing kepada siswa agar terhindar dari kesulitan belajar, yang mungkin muncul selama proses pembelajaran, Sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Dalam hal ini, bimbingan belajar yang terjadi mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Padahal pada kenyataannya di lapangan siswa-siswi yang mengikuti bimbingan belajar ada yang memperoleh nilai atau prestasi kurang bagus atau nilainya rendah. Tetapi ada juga siswa-siswi yang tidak mengikuti bimbingan belajar yang memiliki nilai bagus atau memiliki prestasi di sekolah tersebut. Oleh karena, setiap siswa mempunyai kelebihan dan kekurangan serta keunikan masing-masing, prestasi belajar matematika siswa pun berbeda-beda, baik mereka yang mengikuti bimbingan belajar di sekolah ataupun di luar sekolah ataupun yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Langsa dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan populasi 332 siswa yang terdiri dari 10 kelas IX dan sampel yang berjumlah 83 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh rhitung= 0,704 > ttabel = 0,217. Hal ini berarti terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Langsa dan besarnya hubungan antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Langsa sebesar 49,56%. Disarankan kepada siswa, hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar dengan cara lebih aktif dalam belajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas, kepada guru hendaknya lebih memahami kondisi siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, sehingga guru harus tepat dalam menentukan metode mengajar apa yang tepat untuk digunakan mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Jelita, M.Pd Pembimbing II: Fenni Anggreini, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 02:23 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 02:23 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1326 |
Actions (login required)
View Item |