APLIKASI MODEL COOPERATIVE SCRIPTS UNTUK MENGATASI KESULITAN BERPIKIR LOGIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU

ANGGI SASMITA , 1032011046 (2017) APLIKASI MODEL COOPERATIVE SCRIPTS UNTUK MENGATASI KESULITAN BERPIKIR LOGIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KARANG BARU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ANGGI SASMITA.1032011046.PMA.2017.pdf

Download (2063Kb) | Preview

Abstract

Model cooperative scripts merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk bekerja berpasangan dalam membahas materi pembelajaran. Berpikir secara logis adalah suatu proses berpikir dengan menggunakan logika, rasional dan masuk akal.Kesulitan berpikir logis disebabkan 4 faktor:(1) kesulitan dalam memahami soal,(2) kesulitan dalam mebuat model matematikanya,(3) kesulitan dalam melakukan perhitungan, dan(4) kesulitan dalam menginterprestasikan jawaban.Rendahnya kemampuan berpikir logis siswa dikarenakan siswa belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis, dan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagai alternatif dapat diterapkan model pembelajaran cooperative scripts yaitu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan berpikir logis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model cooperative scripts dapat mengatasi kesulitan berpikir logis siswa di SMA Negeri 1 Karang Baru pada materi peluang kelas XI.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 (kelas eksperimen) dan IPA 5 (kelas kontrol) SMA Negeri 1 Karang Baru yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan tes essay sebanyak 5 soal dalam waktu 60 menit. Siswa yang diwawancarai adalah siswa yang mengalami kesulitan berpikir logis. Siswa dikatakan mengalami kesulitan berpikir logis apabila siswa tersebut mendapat nilai 75. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan korelasi product momen dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,05 ttabel = 1,67 dengan dk = 27 pada taraf signifikan 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Sri Muliati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: SPEAKING ABILITY, INSIDE-OUTSIDE CIRCLE STRATEGY
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:34
Last Modified: 17 May 2018 04:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item