PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK BERMEDIAKAN LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK) DI SMA NEGERI 4 LANGSA TAHUN AJARAN 2016-2017

AINUL MARDHIAH, 1032012005 (2017) PENGARUH MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK BERMEDIAKAN LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK) DI SMA NEGERI 4 LANGSA TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINUL UNTUK PERPUS PDF.docx 1.pdf

Download (2265Kb) | Preview

Abstract

Model Collaborative Problem Solving adalah perpaduan antara model pembelajaran Collaborative Learning dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, yang menjadikan masalah sebagai titik awal pembelajaran dimana siswa menyelesaikan masalah secara individu dan kelompok, untuk memperoleh solusi permasalahan dan pemahaman melalui aktivitas diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Collaborative Problem Solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa bermediakan lembar kerja kelompok (LKK) Di SMA N 4 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini diambil dengan Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 4 Langsa terdiri dari 163 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, Kelas X.IPS.3 dengan jumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.IPS.2 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, tes yang digunakan berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji-t. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 2,9194 dan ttabel = 1,6795 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung > ttabel yaitu 2,9194 > 1,6795 dan dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Collaborative Problem Solving terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa bermediakan lembar kerja kelompok (LKK) Di SMA 4 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Ariani Muljo, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING(CPS), LEMBAR KERJA KELOMPOK (LKK), KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:25
Last Modified: 26 Apr 2018 02:25
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item