MUHAMMAD INDIRWAN , 1017011021 (2017) ANALISIS PROSES PEMBENTUKAN PRILAKU DISIPLIN SISWA DI SMK NEGERI 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (8Mb) | Preview |
Abstract
Disiplin dan tata tertib sekolah merupakan pedoman bagi sekolah untuk menciptakan suasana sekolah yang aman dan tertib sehingga akan terhindar dari kejadian-kejadian negatif di sekolah. Penegakan tata tertib di sekolah secara konsisten merupakan faktor utama yang dapat menunjang berlangsungnya proses belajarmengajar. Dengan adanya tata tertib tersebut, sekolah dapat berfungsi sebagai arena persaingan yang sehat bagi para siswa untuk meraih prestasi semaksimal mungkin serta mampu meningkatkan kualitas tingkah laku siswa. Hal seperti inilah yang perlu diubah dalam pendidikan. Pendidikan yang baik tentulah pendidikan yang bukan hanya bertujuan untuk mengubah anak yang berintelektual saja, tapi karakternya juga perlu dilatih agar kelak menjadi orang yang baik. SMK Negeri 2 Langsa adalah salah satu sekolah negeri yang selalu menanamkan jiwa disiplin kepada siswa melalui serangkaian pelaksanaan tata tertib siswa. Dalam upaya pembentukan disiplin siswa melalui pelaksanaan tata tertib di SMK Negeri 2 Langsa masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib diantaranya terlambat datang ke sekolah, tidak memakai kelengkapan seragam sekolah, sehingga perlu adanya peningkatan dalam menjalankan upaya tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah Pertama,Bagaimana Ekspresi Perilaku Disiplin Siswa di SMK Negeri 2 Langsa. Kedua,Bagaimana Proses Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa di SMK Negeri 2 Langsa. Ketiga, Bagaimana Hasil Proses Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa di SMK Negeri 2 Langsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Disamping itu juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi, serta bersifat komperatif dan korelatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi siswa SMK Negeri 2 Langsa sudah baik, hal itu dapat dilihat dari ketaatan (kepatuhan) siswa terhadap aturan (tata tertib) yang berkaitan dengan jam belajar di sekolah, yang meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah, kepatuhan siswa dalam berpakaian, kepatuhan siswa dalam mengikuti kegiatan sekolah dan lain sebagainya. Adapun dalam hal pembentukan kedisiplinan siswanya dilakukan berbagai cara diantaranya meliputi keteladanan, pembiasaan, komunikasi, pemberian hadiah serta member hukuman bagi siswa yang melanggar peraturan. Adapun yang terakhir yaitu hasil dari proses pembentukan prilaku disiplin siswanya. Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa di SMK Negeri 2 Langsa direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap atau ekspresi kedisiplinan siswanya sendiri yang sudah sangat baik, walaupun masih ada satu atau dua orang siswa yang masih belum melaksanakan sikap disiplin yang diterapkan disekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | PRILAKU DISIPLIN, SISWA |
Subjects: | Hukum Islam > Akhlak > Akhlak Remaja Hukum Islam > Akhlak Pendidikan > Siswa Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 08:07 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 08:07 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1257 |
Actions (login required)
View Item |