EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA CAT AIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SERUWAY

MAIRIZA, 1032010153 (2016) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA CAT AIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SERUWAY. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
MAIRIZA.1032010093.PMA.2016.pdf

Download (2578Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Advance organizer dengan menggunakan media cat air efektif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seruway. Advance organizer dengan media cat air merupakan kolaborasi antara model pembelajaran dengan media atau alat peraga. Kedua item tersebut digunakan secara beriringan oleh peneliti untuk melihat keefektifan proses pembelajaran apabila menggunakan item tersebut apakah ada pengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa atau tidak. Model advance organizer menggunakan media cat air sama- sama memilih tujuan untuk dapat merangsang kemampuan pemahaman matematis siswa. Advance organizer sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memperoleh informasi baru, karena merupakan kerangka dalam bentuk abstraksi atau ringkasan konsep-konsep dasar tentang apa yang dipelajari, dan hubungannya dengan materi yang telah ada dalam struktur kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Desain Randomized Control Group Pre-test-Post-test. Dari hasil pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara acak kelas, diperoleh l kelas ekperimen yaitu kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang terdiri dari 5 soal, dimana soal tersebut telah di lakukan uji coba dan di hitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya Pembeda. Berdasarkan Analisis data yang diperoleh Rata-rata post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 82,75 lebih tinggi dari rata-rata nilai pretest 46,33 dengan selisih rata-rata kedua nilai adalah 36,42. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = (n1 - 1). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan nilai > 1,714 maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “pembelajaran advance organizer menggunakan media cat air terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Seruway dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Nurmawati, Ph,D Pembimbing II: Ariyani Muljo,M. Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER, KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:35
Last Modified: 11 Apr 2018 04:35
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item