USWATUN HASANAH , 1032010050 (2017) PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 LANGSA. Skripsi thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
USWATUN HASANAH.1032010050.PMA.2017.pdf Download (1343Kb) | Preview |
Abstract
Teknik Pembelajaran Probing Prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamanya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Teknik pembelajaran ini erat kaitannya dengan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pada saat pembelajaran ini disebut probing question . Penelitian teknik probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tindakan dilakukan dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 9 Langsa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap tingkat ketuntasan hasil belajar matematis peserta didik berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I terdapat 13 siswa dari 24 siswa yang tuntas dengan persentase 54,17%, namun ketuntasan secara klasikal pada siklus I belum bisa dikatakan berhasil. Dengan demikian, maka perlu dilakukan siklus II untuk mencapai keberhasilan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Setelah terlaksananya tindakan pada siklus II, terlihat bahwa peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan cukup signifikan mencapai 19 siswa dari 24 siswa dengan persentase 82,61%. Dari data peningkatan hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teknik probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar matematis siswa khususnya pada materi garis dan sudut di kelas VII 2 SMP Negeri 9 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Fitriani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK PROBING PROMPTING, HASIL BELAJAR MATEMATIS |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 02:58 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 02:58 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1233 |
Actions (login required)
View Item |