STRATEGI DOSEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKADEMIK MAHASISWA PAI DI FTIK IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA

NOVITA WULANDARI NASUTION , 1012012105 (2017) STRATEGI DOSEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKADEMIK MAHASISWA PAI DI FTIK IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
ok.pdf

Download (2614Kb) | Preview

Abstract

Novita Wulandari Nasution, 19 Oktober 1993, 1012012105, Strategi Dosen dalam Meningkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa PAI di FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Pendidikan Agama Islam, FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2017, 12+104+25. Kata kunci dalam skripsi ini adalah Strategi Pembelajaran Dosen, Kualitas Akademik, Mahasiswa, dan jurusan Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana kualitas akademik mahasiswa PAI di FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa pada tahun akdemik 2016/2017? (2). Bagaimana strategi pembelajaran dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa PAI di FTIK IAIN ZCK Langsa pada tahun akademik 2016/2017?. Dan tujuan penelitiannya adalah untuk: (1). Mengetahui kualitas akademik mahasiswa PAI di FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa pada tahun akdemik 2016/2017?. (2). Mengetahui strategi pembelajaran dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa PAI di FTIK IAIN ZCK Langsa pada tahun akademik 2016/2017?. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara dan dokumentasi. Empat orang dosen yang mengajar pada jurusan PAI di FTIK menjadi sebagai informan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yaitu, penelitian yang hanya menggambarkan fenomena penelitian apa adanya dari sumber data berupa tulisan, perilaku atau lisan tanpa adanya suatu uji hubungan antara variabel. Menurut hasil yang diperoleh dari penelitian terhadap informan yaitu Rita Sari, M. Pd., Lathifah Hanum, MA., M. Khoiri, M. Pem. I., dan Mahyiddin MA., Dapat disimpulkan bahwa: (1). Kualitas akademik yang dimiliki mahasiswa PAI di FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa tahun akademik 2016/2017 memperoleh predikat sangat memuaskan. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pada IP mahasiswa Jurusan PAI semester ganjil yaitu 3,23. (2). Strategi pembelajaran dosen dalam meningkatkan kualitas akademik mahasiswa PAI di FTIK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa ialah dengan menerapkan strategi pembelajaran cooperative, collaborative, dan heuristik, yang disertai dengan pemberian motivasi terhadap mahasiswa, serta penekanana terhadap unsur-unsur etika dalam proses pembelajaran. Ketentuan akademik juga harus dilakukan oleh semua pihak, dan harus dilihat lagi peluang yang membuat nilai mereka menurun. Penerapan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien akan mudah tercapai melalui kolaborasi yang baik antara dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Mohd. Nasir, MA selaku pembimbing I, dan Nazliati, M. Ed, selaku pembimbing II, merujuk dari buku-bukuyang diterbitkan dari mulai tahun 1980 sampai dengan 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Nazliati, M.Ed
Uncontrolled Keywords: STRATEGI DOSEN
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Mar 2018 08:31
Last Modified: 15 Mar 2018 08:31
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item