PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLABORATION LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN TANAH TERBAN ACEH TAMIANG

LUSI NOVITA SARI , 1012012075 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLABORATION LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN TANAH TERBAN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
LUSI NOVITA SARI.1012012075.PAI.2017.pdf

Download (2047Kb) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang dikehendaki dewasa ini adalah model yang membuat siswa aktif dan terbuka dalam menyampaikan gagasannya. Pembelajaran dengan sistem konvensional semakin lama kurang efektif karena siswa hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru. Model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam mengembangkan sendiri pola berpikirnya dan mengembangkan gagasannya salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajran Colaboration Learning. Model ini ini menawarkan suatu hal baru dalam proses pembelajaran dimana siswa diarahkan untuk mampu memainkan perannya lebih aktif dalam mencoba membangun pemahamannya sendiri dari situasi yang dihadapinya melalui pengetahuan awal dan keterampilan proses yang dimilikinya. Karena ketika siswa mampu membangun pemahamannya sendiri, maka tentulah berpengaruh hasil akhir yang akan diperoleh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Colaboration Learning di MTsN Tanah Terban Aceh Tamiang? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa yang diberikan model pembelajaran Colaboration Learning di MTsN Tanah Terban Aceh Tamiang?. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Colaboration Learning di MTsN Tanah Terban Aceh Tamiang. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang diberikan model pembelajaran Colaboration Learning di MTsN Tanah Terban Aceh Tamiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode grounded research, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Dari pelaksanaan penelitian ini, diperoleh hasil (1) Pembelajaran dengan menggunakan model colaboration learning mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang PAI di kelas VIII MTsN Tanah Terban. Hal ini terlihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran tersebut yaitu pada siklus I 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. (2) Hasil penelitian yang dilakukan terhadap aktifitas siswa, didapati bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model colaboration learning ini memberikan dampak yang baik dalam pembelajaran yang terlihat pada persentase rata-rata aktifitas siswa pada akhir siklus yaitu 84,23%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Hj Purnamawati, M. Pd Pembimbing II: Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN COLABORATION LEARNING, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Mar 2018 03:57
Last Modified: 07 Mar 2018 03:57
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item