PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION KELAS X SMA NEGERI 3 LANGSA

EKA WINARTI , 1032012035 (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION KELAS X SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
EKA WINARTI.1032012035.PMA.2017.pdf

Download (2032Kb) | Preview

Abstract

pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan kepada orang sehingga orang lain tersebut benar-benar mengerti apa yang disampaikan, serta mampu mengaplikasikan konsep dalam soal yang diberikan. Strategi pembelajaran poster session adalah strategi persentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka. Dalam strategi pembelajran ini, siswa tidak hanya dinilai pada hasil pengerjaannya, namun juga dinilai pada proses pengerjaannya. Proses pengerjaan seperti ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir siswa secara optimal, terutama untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan pemahaman konsep kelas X SMA Negeri 3 Langsa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Langsa Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 351 orang. Dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep yang berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelompok eksperimen dengan rata-rata 76,6 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 53,8. Berdasarkan hasil analisis data uji-t diperoleh t hitung 6,77 dan t tabel 2 pada taraf signifikan diperoleh yaitu: sehingga dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika melalui stratergi pembelajaran poster session kelas X SMA Negeri 3 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mazlan, M.Si Pembimbing II: Sri Mulyati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Mar 2018 04:41
Last Modified: 05 Mar 2018 04:41
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item