AFRIANTI, 1012012003 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
AFRIANTI.1012012003.PAI.2016-A.pdf Download (1823Kb) | Preview |
Abstract
Pembelajaran di SMP Negeri 11 Langsa guru masih menggunakan metode satu arah biasanya mengunakan metode ceramah, mencatat, memberi tugas sehingga pelajaran yang dikuasai dengan baik oleh peserta didik hasilnya kurang optimal. Namun sebagian guru PAI di SMP Negeri 11 Langsa pada saat ini telah menggunakan media pembelajaran Microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh itu penulis ingin meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar PAI pada siswa, berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas penulis merumuskan masalah yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Langsa?, adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Langsa. Adapun metode penelitian yang di gunakan di sini yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan yaitu field reaserch, dan penelitian ini menggunakan rancangan design randomizen control group pretest – postest, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.00 Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bedasarkan pada hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat di ketahui bahwa penggunaa media power point berpegaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini berdasarkan kelas eksperimen yang diperoleh dari hasil uji t diketahui rata-rata pre-test 61.8 setelah dilakukan post-test 90.8 sehingga peningkatanya sebesar 29.00. Selanjutnya berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung 5.645. Nilai ttabel dengan df 31 pada taraf signifikan 5% adalah 2.035. Oleh karena itu thitung > ttabel (5.645 > 2.035) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari pada 0.05 (0.00 < 0.05) sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh secara signifikan pada skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen atau yang menggunakan media power point.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I; Mulyadi, MA Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA POWER POINT, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 03:32 |
Last Modified: | 17 May 2018 03:54 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |