PENGARUH PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA KELAS VIII SMPN 1 IDI RAYEUK

AMELIA, 1032012008 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA KELAS VIII SMPN 1 IDI RAYEUK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
AMELIA.1032012008.PMA.2017.pdf

Download (1763Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Kelas VIII SMP N 1 Idi Rayeuk dengan menggunakan pembelajaran scaffolding. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP masih kurang, karena siswa sering kali tidak dapat memahami masalah yang diberikan, hal ini membuat siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Pembelajaran Scaffolding adalah suatu pembelajaran dimana guru dapat memberikan dukungan untuk belajar dan memecahkan masalah sehingga siswa mampu belajar mandiri dan tidak membutuhkan dukungan guru lagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Desain Randomized Control Group Pre-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 IDI Rayeuk yang terdiri dari 10 (sepuluh) kelas bejumlah 350 orang siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes yang terbagi dua, yakni pretest dan posttest yang telah diuji validitas, reliabilitias, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Data dianalisis menggunakan metode Uji-t dengan bantuan software Microsoft Excel 2010. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung  ttabel yaitu 3,46 > 1,997 sehingga H0 ditolak dan terima Ha yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 IDI Rayeuk. Saran diharapkan dapat menerapkan pembelajaran scaffolding dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenni Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: SCAFFOLDING, KEMAMPUAN SISWA
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:59
Last Modified: 27 Feb 2018 07:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item