METODE PENGAJARAN SHARAF DENGAN MENGGUNAKAN KITAB MATAN BINA WAL ASAS

FAHRUNNISAK, 1022011004 (2016) METODE PENGAJARAN SHARAF DENGAN MENGGUNAKAN KITAB MATAN BINA WAL ASAS. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI FAKHRUNISA.pdf

Download (2187Kb) | Preview

Abstract

Kitab Matan Bina wal Asas untuk pembelajaran ilmu sharaf adalah salah satu kitab qawaid sharaf yang terkenal dikalangan dayah salafi, umumnya pada kepulauan melayu dan khususnya di Aceh diantaranya dayah Darul Abrar. Dan kitab ini dijadikan sebagai kitab pokok pada kelas 1,dan dijadikan kitab tambahan pada kelas 2 dan 3. Metode pengajaran adalah hal yang penting yang tidak boleh tidak harus dikuasai oleh calon guru, maka berdasarkan hal demikian, peneliti berniat untuk meneliti tentang metode pengajaran sharaf dengan menggunakan kitab Matan Bina wal Asas di dayah Darul Abrar Alue Beurawe Langsa. Dan rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah metode pengajaran yang digunakan dalam mengajarkan ilmu sharaf dengan menggunakan kitab Matan Bina wal Asas di dayah Darul Abrar Alue Beurawe Langsa. Dan bagaimana siswa memahami pembelajaran sharaf dengan metode yang digunakan. Dan apa saja probematika, kekurangan, serta kelebihan pembelajaran sharaf dengan metode yang digunakan di dayah Darul Abrar Alue Beurawe Langsa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai data, karena peneliti ingin menjelaskan segala data yang didapat. Dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan instrumen penelitiannya adalah observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Metode yang digunakan pada pengajaran sharaf dengan menggunakan kitab Matan Bina wal Asas adalah metode ilqa’, metode tanya jawab, metode nahwu wa tarjamah, metode qira’ah dan metode sam’iyah syafawiyah. 2) Pemahaman siwa terhadap ilmu sharaf dengan metode yang digunakan bermacam, sebagian dari mereka masih kurang. 3) Problematika yang dihadapi guru dalam mengajarkan sharaf dengan metode yang digunakan banyak, diantaranya murid tidak dapat memahami penjelasan guru karena guru tidak menggunakan metode yang sesuai dalam pengajarannya dan juga guru tidak menggunakan media pengajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Ahmad Fauzi, M.Ag Pembimbing II: Hatta Sabri, M. Pd
Uncontrolled Keywords: METODE PENGAJARAN, MATAN BINA WAL ASAS
Subjects: Bahasa Arab > Ilmu Sharaf
Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:06
Last Modified: 24 Jan 2018 02:06
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item