AGAMSYAH FAHLEVI, 120800304 (2016) PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MENDENGAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KP. TEUNGOH LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
Ready.pdf Download (465Kb) | Preview |
Abstract
Sesungguhnya mendengar merupakan sarana penghubung manusia didalam berlomunikasi dengan yang lain. Keterampilan mendengar merupakan bagian pokok didalam kegiatan pembelajaran bahasa apa saja, dan dari itu dalam pengajaran bahasa arab siswa merupakan objek yang membutuhkan bahasa tersebut. Melihat pentingnya pembelajaran mendengar dalam belajar bahasa. Disamping dari hasil wawancara dan observasi awal yang peneliti lakukan di Madrasah Aliyah Kp. Teungoh Langsa, peneliti mendapatkan beberapa siswa yang kesulitan didalam membedakan bunyi yang hampir bersamaan baik dalam bentuk pengucapan, panjang pendek, sehingga ketika mendengar ucapan dari seorang guru mereka kesulitan membedakan antara bunyi-bunyi yang hampir bersamaan dalam pengucapan dan juga baris panjang pendeknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Penerapan Metode Total physical Response dalam pengajaran Kecakapan Mendengar di MAN Kp.Teungoh Langsa? 2) Sejauah mana kemampuan siswa di MAN Kp. Teungoh Langsa dalam pembelajaran Istima’? 3) Sejauhmana Efektivitas Metode Total physical Response dalam pengajaran Kecakapan Mendengardi MAN Kp.Teungoh Langsa? Skripsi ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan penerapan di MAN Kp.Teungoh Langsa. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunkan instrumen penelitian: observasi proses belajar mengajar, memberikan soal wawancara kepada guru bahasa Arab dan tes kepada siswa di MAN Kp.Teungoh Langsa. Adapun hasil penelitian yang peneliti ringkas yaitu : 1) Penerapan metode Metode Total physical Response dalam Meningkatkan Kecakapan Mendengar di Madrasah Aliyah Neger Kp.Teungoh Langsa berlangsung baik. Selanjutnya kemampuan siswa dalam belajar kemahiran mendengar mwningkat dari siklus ك pertama ke siklus kedua dengan nilai rata-rata 90,68. Kemudian dari hasil ini kita dapat mengetahui bhawa Metode Total physical Response efektif dalam Meningkatkan dan menumbuhkan kemapuan siswa dalam Kemahiran Mendengar Bahasa Arab di Madrasah Aliyah NegeriKp.Teungoh Langsa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Sulaiman Ismail, M.Ag Pembimbing II: M. Fadli, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN BERBICARA, METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE |
Subjects: | Bahasa Arab > Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 03:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 03:54 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |