KONSEP QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA SMK NEGERI 1 LANGSA

ZULKARNAINI , 10120111166 (2016) KONSEP QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA SMK NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (635Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan konsep Quantum Learning untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas X.AP1 SMK Negeri 1 Langsa. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa bosan dan kurang bersemangat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Langsa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Minat belajar PAI siswa kelas X.AP1 di SMK Negeri 1 Langsa sebelum menggunakan konsep Quantum Learning termasuk dalam kategori cukup, ditunjukkan dengan hasil angket tiap aspek dengan persentase sebagai berikut: adanya perhatian dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 50,36%, rasa senang terhadap materi dan guru sebesar 56,12%, keterlibatan siswa dalam belajar 52,22%, kesadaran akan adanya manfaat sebesar 52,57%. Hasil penelitian menunjukkan konsep Quantum Learning dapat meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas X.AP1 SMK Negeri 1 Langsa. Minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan diterapkannya konsep Quantum Learning minat siswa meningkat dan termasuk dalam kategori baik. Hal ini juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan tiap aspek, aspek adanya perhatian dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I sebesar 79,55% siklus II sebesar 82,79%. Aspek rasa senang siswa terhadap guru dan materi persentasenya pada siklus I sebesar 76,47% , dan pada siklus II sebesar 80,59%. Aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 78,68% dan pada siklus II sebesar 82,50%. Aspek kesadaran akan adanya manfaat pada siklus I 78,82% dan pada siklus II sebesar 85,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Mukhlis, Lc. M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: QUANTUM LEARNING , MINAT BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Mahasiswa
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Jan 2018 04:01
Last Modified: 18 Jan 2018 04:01
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item