KONSEPSI ISLAM DALAM PENANAMAN ETOS BELAJAR PADA ANAK

SYAHPUTRA, 1012011078 (2016) KONSEPSI ISLAM DALAM PENANAMAN ETOS BELAJAR PADA ANAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (1017Kb) | Preview

Abstract

Judul skripsi “Konsepsi Islam dalam Penanaman Etos Belajar pada Anak”. Konsekwensi pendidikan Islam merupakan hal yang tidak terhindar dari konsep pendidikan Islam, pendidikan Islam adalah suatu sistem pendidikan yang memungkinkan manusia untuk hidup sesuai dengan ideologi Islam. Dan pendidikan Islam juga merupakan suatu usaha orang dewasa secara sadar dengan cara membimbing dan mengembangkan kepribadian anak didik menuju kedewasaan, baik dalam pendidikan formal maupun nonformal, guna mengarahkan anak didik untuk mengamalkan ilmu pendidikan dengan konsep Islam sehingga memperbaiki dan merubah sikap dan tingkah laku sesuai dengan harapan Islam. Sedangkan Etos Belajar merupakan bentuk semangat belajar anak yang tinggi dalam suatu proses pembelajaran atau niat yang bersungguh-sungguh untuk menggali pemahaman yang kompleks atas sesuatu objek tertentu dan terus berkeinginan belajar dalam hidupnya. Dan dalam hal ini, sangat diperlukan Etos Belajar yang baik. Yaitu Etos Belajar yang tentu tidak serta merta muncul dalam diri seseorang atau sekelompok orang, akan tetapi perlu penanaman nilai pada diri seseorang mengenai pentingnya belajar, penanaman budaya belajar, perlu latihan dan pembiasaan agar sikap-sikap belajar yang baik menjadi etos belajar dalam diri seseorang. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsepsi Islam dalam penanaman etos belajar pada anak, untuk megetahui bagaimana hubungan etos belajar dengan perkembangan anak, dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dalam penanaman etos belajar pada anak. Sehingga etos belajar ank mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai penggerak atau pendorong jiwa dan anak dapat termotivasi untuk belajar dan melakukan aktivitas belajar secara terus-menerus dan dapat membawa mereka ke jalan perubahan yang positif sehingga tercapainya tujuan belajar yang berbasis dengan konsep Islam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena secara menyeluruh, dan memberikan gambaran yang utuh tentang topik yang diteliti, dalam melalukan penelitian ini penulis mengumpulkan data dan fokus terhadap penelitan serta menggunakan metode studi pustaka (Library Research), yaitu dengan menelaah sejumlah sumber-sumber primer yang berkaitan dengan judul skripsi Menurut hasil penelitian ini, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: pertama: (1) belajar harus terus berlangsung sepanjang hayat. Konsep ini tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal namun dapat berlangsung sepanjang kehidupan seseorang. (2) belajar berkesinambungan. Konsep ini, seseorang dapat memperbaharui pengetahuannya dan tetap dapat memberikan sumbangan bagi kehidupan di lingkungannya. Kedua: hubungan etos belajar dengan perkembangan anak adalah dari ruang lingkup kemampuan berpikir dan kualitas intelegensi anak dan hal ini dapat membawa kepada perubahan dan perkembangan. Ketiga: faktor-faktor pendidikan dalam penanaman etos belajar pada anak adalah dorongan internal dan eksternal pada anak yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku dengan beberapa v indikat, yaitu: (1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil, (2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, (3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan, (4) Adanya penghargaan dalam belajar, (5) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, (6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seorang anak dapat belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II: Junaidi, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: ETOS BELAJAR
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:37
Last Modified: 18 Jan 2018 03:37
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item