ANALISIS RENDAHYA PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS KELAS XI MAN GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA

SYAHPUTRA YUSTIKA SANI, 1012011040 (2016) ANALISIS RENDAHYA PRESTASI BELAJAR QUR’AN HADITS KELAS XI MAN GAMPONG TEUNGOH KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready.pdf

Download (384Kb) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ideal adalah pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dan menekankan pada bagaimana cara agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam hal ini agar tercapai tujuan tersebut, sangat di perlukan interaksi yang tinggi dan sumber-sumber yang sesuai dangan proses pembelajaran. Salah satu sumber yang menjadikan belajar dapat optimal adalah buku, sehingga harus ada buku yang sesuai dalam pembelajaran yang mampu mendukung proses interaksi pebelajaran. Dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berubah kearah yang baik, sesuai dengan nilai-nilai pendidikan Agama Islam (PAI). Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil dari itu bukan belajar. Belajar itu bukan sekedar pengalaman, akan tetapi belajar adalah suatu integratif dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu tujun. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar Qur’an Hadist siswa kelas XI MAN Gampong Teungoh Kota Langsa dan apa faktor-faktor menyebabkan rendahnya prestasi belajar, penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui prestasi belajar Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN Ganpong Teungoh Kota Langsa dan apa penyebab rendahnya prestasi belajar Qur’an Hadist siswa kelas XI MAN Gampong Teungoh Kota Langsa . Dalam peneitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini akan diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa pedoman wawancara, dokumentasi dan observsi, teknik analisis data dalam penelitin ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu meliputi reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil wawancara peneliti di peroleh (1) Prestasi belajar qur’an Hadist pada siswa di MAN Gampong tengoh Kota Langsa rendah di bawah dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), prestasi belajar siswa rendah dikarenakan siswa kurang memahami materi pelajaran Qur’an Hadist. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi siswa yaitu waktu yang kurang efektif dan cara guru mengajar dengan metode ceramah dan mencatat terus menerus membuat siswa bosan dan kurang mau memperhatikan pelajaran Qur’an Hadist yang diajarkan gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mulyadi, MA Pembimbing II: Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR, HADIST
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Jan 2018 03:17
Last Modified: 18 Jan 2018 03:17
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item