HIKMAH PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM KISAH YA’JUJ DAN MA’JUJ (PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAH AL-KAHFI AYAT 92 SAMPAI 98)

NOVIANTI , 1012009022 (2016) HIKMAH PENDIDIKAN YANG TERKANDUNG DALAM KISAH YA’JUJ DAN MA’JUJ (PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAH AL-KAHFI AYAT 92 SAMPAI 98). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI NOVIANTI.pdf

Download (165Kb) | Preview

Abstract

Surat al-Kahfi adalah salah satu nama surah dari 114 surah yang terdapat dalam Alquran yang di dalamnya terkandung hikmah pendidikan seperti yang terdapat pada ayat 92 sampai 98. Surah al-Kahfi yang berisi beberapa kisah dan berita, seperti kisah penghuni gua, kisah Nabi Khaidir bersama Nabi Musa, kisah Dzulkarnain bersama Ya’juj dan Ma’juj serta berbagai peristiwa dan masalah penting yang terkait dengannya. Semua kisah tersebut mengandung banyak misteri. Bahkan sebagian ahli tafsir dan para ulama yang aktif bergelut di bidang ilmu Alquran menganggapnya sebagai al-ghaibiyat (masalah-masalah misterius) yang tidak dapat ditangkal akal pikiran manusia. Ya'juj dan Ma'juj adalah dua bangsa manusia dari keturunan Adam yang banyak penduduknya, bertabiat agresif, dan membuat kerusakan di muka bumi dan banyak orang menderita karena mereka, mereka tidak seperti manusia pada umumnya. Oleh karena itu, kisah ini bisa menjadi pelajaran atau hikmah pendidikan bagi manusia yang mempelajari kisah Ya’juj dan Ma’juj. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam topik penelitian ini adalah: bagaimana kehidupan Ya’juj dan Ma’juj dalam konteks surat Al-Kahfi ayat 92-98? dan hikmah pendidikan apa saja yang terkandung dalam kisah Ya’juj dan Ma’juj ?. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk kehidupan Ya’juj dan Ma’juj dalam konteks surat Al-Kahfi ayat 9298 dan untuk mengetahui Hikmah pendidikan apa saja yang terkandung dalam kisah Ya’juj dan Ma’juj. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan metode (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat rekonstruksi (penyesuaian) masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasikan (memeriksa) serta mensistensikan (memadukan) bukti-bukti untuk menegakkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat. Dari penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa, pertama: mengenai kehidupan Ya’juj dan Ma’juj telah digambarkan oleh Allah Swt dalam Alquran Surat Al-Kahfi ayat 92-98. Kehadiran Ya’juj dan Ma’juj membuat umat manusia menjadi menderita dikarenakan Ya’juj dan Ma’juj membuat kerusakan di bumi. Pada akhirnya nanti Nabi Isa a.s. turun kedunia, Nabi Isa dan Umat muslim lalu bersama-sama berdoa kepada Allah Swt agar terhindar dari masalah akibat perbuatan Ya’juj dan Ma’juj. Kemudian Allah Swt memerintahkan ulat-ulat yang tiba-tiba menembus keluar dari tengkuk Ya’juj dan Ma’juj yang langsung mengakibatkan kematian mereka secara serentak. Kedua, hikmah pendidikan yang terdapat dalam kisah Ya’juj dan Ma’juj yang dapat peneliti simpulkan antara lain: a) Hikmah untuk menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, b) Menambah keimanan tentang hari akhir (hari kiamat), c) membuat manusia semakin mawas diri dan d) memberikan motivasi untuk selalu memahami kisah-kisah terdahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Zulkarnain, MA Pembimbing II: Zulfitri, MA
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN, AL-QUR'AN
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Kandungan Al-Qur'an
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:10
Last Modified: 16 Jan 2018 04:10
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item