KAMALIAH, 1012011146 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN KHITAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_KAMALIAH.pdf Download (706Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah suatu usaha yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, melalui pendidikan manusia dapat merubah tingkah lakunya dan bisa berkembang kearah yang lebih baik. Pendidikan khitan adalah kegiatan yang perlu diteruskan dari generasi kegenerasi sampai saat berlangsungnya dunia ini berputar tiada pernah putus. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian terhadap pelaksanaan khitan itu guna dapat mengungkap hikmah atau nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh jawaban tentang: apa saja nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam khitan, dan bagaimana Implementasi Nilai-nilai Pendidikan dalam Khitan terhadap Pendidikan Anak. Untuk itu, penelitian ini didesain sebagai penelitian pustaka (library reseach) dengan menggunakan pendekatan historis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumenter dan digali melalui sumber data primer (primary sources) dan sumber data sekunder (secondary sources). Dari hasil kajian yang dilakukan, diperoleh temuan bahwa di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan yang dapat diterapkan pada pendidikan anak. sebagai usaha menanamkan nilai-nilai Akidah Islamiah, menanamkan kebiasaan hidup bersih, menanamkan tangung jawab ibadah dan menanamkan pendidikan pada anak. Tujuan utama diperintahkan khitan adalah untuk melaksanakan kewajiban dalam syari’at agama seperti shalat dan lain-lain. Dengan demikian khitan merupakan suatu proses menanamkan nilai-nilai pendidikan pada anak sebagai bukti keimanannya kepada Allah Swt, serta mengenalkan kepada anak secara konkret arti pengabdian kepada sang pencipta, yaitu Allah Swt. Untuk mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam khitan terhadap pendidikan anak adalah terletak pada peran penting orang tua untuk mengkhitan anaknya. Berdasarkan kajian di atas, maka penulis dapat memberikan saran kepada beberapa pihak, terutama: bagi para orang tua seharusnya mengkhitankan mereka sebelum baligh. Hal ini merupakan bukti konkret kecintaan dan rasa tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anaknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Mukhlias, Lc, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | NILAI PENDIDIKAN, KHITAN |
Subjects: | Hukum Islam > Fiqih Hukum Islam > Fiqih > Khitan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 02:15 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 02:15 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1110 |
Actions (login required)
View Item |