FARIDAH HANUM , 1012010081 (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs SWASTA YAPENDI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_HANUM.pdf Download (556Kb) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah selama ini masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional dalam melakukan pembelajaran Aqidah Akhlak. Pembelajaran konvensional yang masih pakai yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan penghafalan sehingga pembelajaran masih berpusat dari guru. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pembelajaran, tidak cukup dengan menggunakan metode ceramah seperti yang selama ini dilakukan di MTs Yaspendi. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sekaligus aktifitas belajar siswa agar belajar lebih aktif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk bekerjasama dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama, dan setiap anggota kelompok dituntut untuk memahami materi non-rutin yang mereka diskusikan kemudian mengemukakan pendapatnya masing-masing. Dalam penelitian ini penulis berusaha menerapkan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak di MTs Swasta Yaspendi. STAD merupakan jenis pembelajaran koopeatif yang paling sederhana dimana siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok haruslah heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Swasta Yaspendi kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dra. Hj. Purnamawati. M.Pd Pembimbing II: Nani Endri Santi, MA |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, AQIDAH AKHLAK |
Subjects: | Hukum Islam > Aqidah Islam Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 03:59 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 03:59 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1106 |
Actions (login required)
View Item |