AINUN MARDIAH, 1012011046 (2016) KUALITAS PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI DI MTsS TERPADU LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_SKRIPSI AINUN MARDIAH.pdf Download (122Kb) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru merupakan suatu keharusan yang mesti ada pada guru, karena tanpa profesionalisme maka perwujudan guru profesional sulit dicapai. Guru profesional adalah guru yang bekerja secara bebas tetapi sesuai keahlian, keterampilan dan mandiri. Dengan kemampuan profesional guru dalam mengajar, maka siswa akan termotivasi dan berminat dengan proses pembelajaran yang dilakukan guru termasuk pada mata pelajaran SKI. Sebaliknya apabila guru tidak memiliki kemampuan profesional, maka akan berdampak negatif dengan minat belajar siswa menurun. Untuk mempelajari suatu ilmu dengan baik dibutuhkan minat, sebab minat berkaitan dengan semangat dan kegairahan seseorang untuk melakukan sesuatu. Keberhasilan belajar mengajar di sekolah banyak dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Oleh karena itu, profesionalitas guru dalam menjalankan aktivitas pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan minat siswa untuk melakukan aktivitas belajarnya dengan efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu: bagaimana pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Terpadu Langsa ? dan bagaimana kualitas profesionalisme guru dalam meningkatkan minat belajar SKI di MTsS Terpadu Langsa ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Terpadu Langsa dan untuk mengetahui kualitas profesionalisme guru dalam meningkatkan minat belajar SKI di MTsS Terpadu Langsa. Penelitian ini dilakukan di MTsS Terpadu Langsa dan pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru SKI sudah dilakukan dengan baik dan profesional. Guru SKI sudah mengupayakan untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan sangat profesional. Minat belajar siswa terhadap pelajaran SKI masih tinggi, siswa banyak yang menyukai pelajaran SKI. Akan tetapi di satu sisi adanya kelemahan yang dimiliki guru sehingga guru hanya mampu melaksanakan pembelajaran yang biasa dilakukan. Walaupun begitu, sebagai tanggung jawab yang ditanggung oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa maka guru selalu antusias memberikan perhatian dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan, 2) Kualitas profesionalisme guru dalam meningkatkan minat pembelajaran SKI di MTsS Terpadu Langsa sudah baik. Akan tetapi, walaupun demikian masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dan dilakukan lebih maksimal lagi oleh guru SKI seperti dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran agar siswa tidak jenuh atau bosan terhadap materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Fitriani, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | GURU, MINAT BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Pengajar/Guru Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 03:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 03:51 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1102 |
Actions (login required)
View Item |