KORELASI HASIL TEST UJIAN MASUK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MTsN IDI

TARMIZI, 1012010132 (2016) KORELASI HASIL TEST UJIAN MASUK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA MTsN IDI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
ready (1).pdf

Download (461Kb) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Korelasi hasil test ujian masuk dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada MTsN Idi." Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah korelasi hasil test ujian masuk dengan prestasi belajar pendidikan Aqidah Akhlak pada MTsN Idi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Aqidah Akhlak di MTsN Idi, bagaimana metode yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Aqidah Akhlak di MTsN Idi dan kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pembelajaran Pendidikan Aqidah Akhlak di MTsN Idi. Untuk mendapatkan informasi tentang data yang diperlukan, maka teknik yang diambil adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Sedangkan pengambilan sampel penulis menggunakan teknik random sampling. Test ujian masuk sekolah membawa pengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa. Karena dengan adanya test ujian masuk, maka guru dapat mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing. Pengelompokan siswa yang tingkat kemampuannya dalam belajar sama dapat memudahkan guru dalam penyampakan materi pelajaran serta proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik, hal tersebut hubungannya sangat besar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara test ujian masuk sekolah dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Idi. Korelasi test ujian masuk sekolah terhadap prestasi belajar siswa sangat besar. Dengan kata lain, prestasi belajar siswa di MTsN Idi dipengaruhi oleh tingkat kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. H. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Mahyiddin, MA
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR, AQIDAH AKHLAK
Subjects: Hukum Islam > Aqidah Islam
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 11 Jan 2018 03:37
Last Modified: 11 Jan 2018 03:37
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item