PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 LANGSA

RAPITAH , 1012012125 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (705Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang Inovatif dalam penggunaan metode pembelajaran. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi baik kepada pengajar maupun antar sesama teman, hanya 8 siswi yang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran sampai dengan selesai, hal ini menunjukan bahwa metode ceramah kurang efektif untuk digunakan di dalam proses belajar mengajar, dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh siswi di kelas IX setelah mengikuti tes ujian harian yang di berikan guru, dari tes ujian harian tersebut diperoleh hasil yang rendah dengan rata-rata nilai KKM sekolah 75. Dari hasil belajar tesebut dapat disimpulakan bahwa proses belajar mengajar menjadi belum optimal, serta membuat siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi mudah cepat bosan dan malas mengikutin pelajaran tersebut. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternatif metode pembelajaran, dimana metode pembelajaran ini lebih berpusat kepada siswa yang disebut metode Course review horay. Dalam penerapan metode ini siswa dibentuk dalam kelompok, siswa dianjurkan membuat kertas dan diisi nomor sesuai keinginan masing-masing, peneliti membacakan soal secara acak dan siswa mendiskusikan jawaban kelompok yang disebutkan nomornya oleh peneliti, dan siswa menuliskan jawabannya di kertas, jawaban siswa yang benar di beri tanda (V) dan salah (X), maka siswa yang menjawab benar langsung berteriak horay. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan metode pembelajaran Course review horay dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 5 LAngsa, (2) Apakah metode Course review horay dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Langsa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk Menerapkan Penggunaan Metode Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX di SMP Negeri 5 Langsa, (2) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX di SMP Negeri 5 Langsa Melalui Metode Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif model PTK dengan menggunakan metode pengumpulan data Observasi, wawancara, tes dan cacatan harian. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan metode Course review horay digunakan rumus Persentase yaitu P =

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II: Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:54
Last Modified: 10 Jan 2018 07:54
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item