PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA

MULIANI , 1012010023 (2015) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
READY.pdf

Download (705Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar PAI dengan pendekatan kedisiplinan belajar. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam Penelitian ini adalah : 1). Bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMK Negeri 5 Kota Langsa? 2). Bagaimana prestasi belajar PAI siswa di SMK Negeri 5 Kota Langsa ? 3). Adakah pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar PAI di SMK Negeri 5 Kota Langsa ? Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 5 Kota Langsa 189 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan proportionate stratified random sampling, yang diambil dari penelitian yaitu 35 siswa di kelas 1 APKJ SMK Negeri 5 Kota Langsa, Untuk memperoleh data-data lapangan ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkkan bahwa 1). Tingkat kedisiplinan belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Langsa diantaranya: Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan diatas maka kedisiplinan belajar siswa kriteria termasuk dalam kategori cukup yaitu berada pada interval 64.58 - 75.41 dengan nilai rata-rata 70.33. 2). Berdasarkan Kedisiplinan belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Langsa. Maka prestasi belajar PAI siswa kelas X APK dan APKJ di SMK Negeri 5 Langsa, yang didukung dengan kedisiplinan belajar siswa berdasarkan kriteria dalam kategori cukup yaitu berada pada interval 41- 112 sedangkan nilai rata-rata 77. 3). Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis diterima dapat dikonsultasikan. Karena harga , thitung sebesar 4.64 lebih besar dari pada ttable, 2.021 maka dinyatakan signifikan, dan dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa sangat signifikan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dan analisis sesuai dengan kapasitas penulis, maka penulis mempunyai kesimpulan dan saran-saran yaitu Tingkat kedisiplinan belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Langsa diantaranya: Ketaatan pada peraturan sekolah dan lingkungan pendidikan, ketaatan pada saat jam masuk sekolah, ketaatan pada saat mengikuti pelajaran danbelajar secara konsisten. Sekolah hendaknya lebih memperhatikan siswa, misalnya dengan lebih meningkatkan kedisiplinan sekolah dan memberikan sanksi bagi yang melanggar. Sekolah juga diharapkan memantau perilaku siswa dalam kegiatan belajar, Hendaknya siswa lebih meningkatkan belajarnya tanpaharus menggantungkan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Mahyiddin, MA Pembimbing II: Andhika Jaya Putra, MA
Uncontrolled Keywords: DISIPLIN, PRESTASI BELAJAR
Subjects: Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:43
Last Modified: 10 Jan 2018 07:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item