PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 LANGSA

MAGDALENA, 1012011104 (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.

[img]
Preview
Text
1_7-PDF_SKRIPSI MAGDALENA.pdf

Download (566Kb) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu system, yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Komponen tersebut meliputi: tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Keempat komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan guru dalam memilih dan menentukan model-model pembelajaran apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran strategi dan metode pembelajaran sebagai salah satu komponen pendidikan yang terpenting juga mengalami perubahan. Strategi pembelajaran yang dituntut saat ini adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada aktifitas peserta didik dalam suasana demokratis, adil, manusiawi, memberdayakan dan menggairahkan. Metode problem based learning (PBL) merupakan cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha mencari pemecahan atau jawaban oleh siswa. Dalam arti lain metode PBL juga dapat diartikan sebagai lingkungan belajar yang didalamnya menggunakan masalah untuk belajar, masalah diajukan sedemikian rupa sehingga siswa menemukan kebutuhan belajar agar mereka dapat memecahkan masalah tersebut. maka dari itu guru perlu menggunakan metode PBL ini agar dapat meningkatnya hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul penelitian mengenai “Penerapan Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Langsa. Adapun masalah yang diteliti adalah, bagaimana penerapan Metode pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Langsa,? , bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Langsa?, Kendala apa saja yang dialami oleh guru saat menggunakan Metode Problem Basid Learning (PBL) di SMP Negeri 3 Langsa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Langsa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di SMP Negeri 3 Langsa. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena sebenarnya. objek dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, guru mata pelajaran PAI dan siswa SMP Negeri 3 langsa kelas VII-8, dengan menggunakan intrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah menggunakan penerapan Metode Problem Based Learning dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa, dan hasil yang didapat lebih baik dari pada dengan menggunakan metode pembelajaran yang terahulu, upaya yang dilakukan terutama oleh Waka Kurikulum yaitu memberikan memfasilitasi, selain itu guru memberikan motivasi kepada siswa dan menjelaskan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Muhaini, MA Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: METODE PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2018 07:03
Last Modified: 10 Jan 2018 07:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item