ERVIRA, 1012011191 (2016) HUBUNGAN PENERAPAN APERSEPSI DENGAN PEMAHAMAN DAN RESPON SISWA PADA MATERI PAI DI SMP NEGERI 1 SIMPANG ULIM. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
READY.ERVIRA.PAI.2016.pdf Download (995Kb) | Preview |
Abstract
Kegiatan pendahuluan merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dengan komponen-komponen pembelajaran lainnya. Kegiatan pendahuluan pada dasarnya merupakan kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan sebuah pembelajaran. Fungsi kegiatan pendahuluan terutama adalah untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran, guru menyapa anak dengan nada bersemangat dan gembira (mengucapkan salam), mengecek kehadiran para siswa dan menanyakan ketidakhadiran siswa apabila ada yang tidak hadir. Melalui kegiatan ini, siswa akan termotivasi untuk aktif berbicara dan mengeluarkan pendapatnya sehingga pada akhirnya akan muncul rasa ingin tahu dari setiap anak. Perumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim, berapakah besarnya hubungan penerapan apersepsi siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim dan berapakah besarnya hubungan penerapan apersepsi dengan respon sistem pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim, maka yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim, untuk mengetahui berapakah besarnya hubungan penerapan apersepsi siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim dan untuk mengetahui berapakah besarnya hubungan penerapan apersepsi dengan respon sistem pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Maka, penelitian ini menggunakan 111 orang siswa dari 5 kelas sebagai populasi dengan sampel sebanyak 22 orang siswa dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi, dan menggunakan teknik analisis data dengan mengolah dan menganalisa data dengan cara yang tepat. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim adalah terdapat hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim, besarnya hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim adalah sebesar 47,1% dan besarnya hubungan penerapan apersepsi dengan pemahaman dan respon siswa pada materi PAI di SMP Negeri 1 Simpang Ulim adalah sebesar 64,7%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Andhika Jaya Putra, MA |
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI MAHASISWA, MATERI PAI |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa Pendidikan > Metode Pendidikan Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 08 Jan 2018 09:19 |
Last Modified: | 08 Jan 2018 09:19 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |