JALALUDDIN, 2012011089 (2016) PELANGGARAN HAK KONSUMEN OLEH PELAKU USAHA DALAM JUAL BELI ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI COT KALA LANGSA.
|
Text
1_7-PDF_Microsoft Word - SEKRIPSI PELANGGARAN HAK KONSUMEN OLEH PELAKU USAHA DALAM JUAL BELI ONLINE.pdf Download (152Kb) | Preview |
Abstract
Kegiatan perdagangan dimasyarakat telah berkembang sangat pesat. Hal tersebut dipengaruhi dengan berkembangnya teknologi yang berbasis internet yang dikenal dengan jual beli online. Jual beli online merupakan bentuk jual beli yang mempunyai karakteristik tersendiri yaitu ruang lingkup yang tidak terbatas, tidak bertemunya penjual dan pembeli dan media yang digunakan adalah internet. Jual beli ini tentunya sangat memudahkan pembeli, karena pembeli tidak perlu pergi ke pasar maupun ke swalayan untuk membeli barang yang dibutuhkan, tetapi disisi lain pelanggaran hak konsumen yang sering terjadi karena karakteristik jual beli online yang khas. Oleh sebab itu perlindungan hak-hak konsumen dalam jual beli online sangat diperlukan. Perlindungan hak-hak konsumen diatur dalam UU No 8 Tahun 1999, sedangkan jual beli online diatur dalam UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam skripsi ini diangkat dua permasalahan, yaitu pertama bagaimana hukum perlindungan konsumen menjamin hak-hak konsumen dalam praktek jual beli online, kedua bagaimana menurut mahasiswa Muamalah IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa tentang praktek jual beli online ditinjau dari Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hukum perlindungan konsumen dalam menjamin hak-hak konsumen dalam jual beli online dan untuk mengetahui bagaimana praktek jual beli online ditinjau dari Undang-undang Perlindungan Konsumen. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yaitu penelitian yang terjun langsung ke lapangan guna mencari suatu sumber data secara langsung di lapangan yang dalam konteks ini di lingkungan kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa khususnya mahasiswa prodi Muamalah angkatan 2011. Data yang didapat menjadi sumber primer dan didukung dengan sumber-sumber lainnya yang mendukung. Adapun metode pengumpulan data melalui wawancara untuk memperoleh informasi demi tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya, pertama hukum perlindungan konsumen dapat menjamin hak-hak konsumen dalam jual beli online sesuai dengan UU No 8 Tahun 1999, hanya saja konsumen enggan melaporkan keluhanya kepada Badan Perlindungan Konsumen. Kedua, menurut mahasiswa IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa praktek jual beli online belum sesuai dengan UU No 8 Tahun 1999 karena praktek jual beli online yang marak pada saat ini mengandung unsur Garar (ketidak jelasan).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Muhammad Nasir, MA Pembimbing II: Jaidatul Fikri, MSI |
Uncontrolled Keywords: | JUAL BELI ONLINE |
Subjects: | Muamalat > Jual Beli |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 08:11 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 08:11 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
View Item |